Hari perempuan, hari ibu, hari kasih sayang (valentine’s day) dan hari ayah

Hari ini, tepatnya tanggal 8 maret (2012) diperingati sebagai hari perempuan sedunia. Itulah tema yang diusung oleh search engine google pada hari ini. Ternyata ada suatu kisah menarik yang terjadi dibalik hari peringatan ini, yaitu perjuangan kaum perempuan diberbagai aspek baik politik, ekonomi maupun pencapaian di bidang sosial. Bermula dari satu artikel aku tertarik melihat artikel berikutnya, baik hari ibu, hari kasih sayang yang lebih dikenal dengan valentine’s day dan hari ayah.

Hari perempuan sedunia (International Women’s Day)

Hari perempuan sedunia

Hari perempuan sedunia (sumber: http://www.google.com)

Ups jangan salah, berbicara mengenai hari perempuan ini tidak sama dengan hari kasih sayang (valentine’s day) yang marak dikonotasikan dengan hal-hal yang romantis. Justru hari perempuan ini tercetus dari perjuangan perempuan di berbagai aspek, memperjuangkan kesamaan hak, persamaan di bidang politik, menentang diskriminasi antara perempuan dan laki-laki dalam kesempatan mendapatkan pekerjaan dan bahkan menunjukkan kasih dan memperjuangkan kedamaian ketika terjadinya perang. Sejarah kemudian mencatat hari yang memperingati pergerakan perempuan yang sungguh luar biasa ini.

Hari Ibu (Mother’s Day)

Mother's day

Hari ibu (sumber: http://en.wikipedia.org)

Peringatan hari ibu bervariasi di berbagai negara. Di Indonesia hari ibu diperingati pada tanggal 22 Desember, bertepatan dengan hari pertama diselenggarakannya Kongres Perempuan Indonesia pada tanggal 22-25 Desember 1928. Pada kongres tersebut hadir perwakilan organisasi pejuang hak-hak perempuan dari berbagai wilayah Indonesia. Oleh presiden Soekarno melalui dekrit yang dikeluarkan pada tahun 1959, hari ibu menjadi hari resmi (official) di Indonesia. Hari ibu yang awalnya untuk merayakan “spirit” perempuan Indonesia dan peningkatan kondisi nasional, sekarang hari ibu dirayakan dengan mengekspresikan kasih sayang dan terima kasih kepada ibu.

Hari kasih sayang (Valentine’s Day)

Hari kasih sayang

Hari kasih sayang (Sumber: http://red-rose-guides.blogspot.com)

Hari kasih sayang atau Valentine’s day adalah hari yang diidam-idamkan kaum perempuan. Kenapa tidak?!, hari ini dinantikan karena sering diwarnai ungkapan kasih sayang antara perempuan dan laki-laki. Hari kasih sayang adalah hari yang istimewa yang kaum muda akan membayangkan hal-hal yang romantis, coklat, mawar, nyanyian, makan malam istimewa, ataupun hal romantis lainnya. Namun banyak orang tidak mengetahui cerita sebenarnya asal mula hari kasih sayang tersebut, dari mana kah istilah valentine bermula.Valentine diambil dari nama seorang Kristiani Saint Valentine. Tidak ada unsur romantis sedikitpun, malahan boleh dibilang cerita tersebut adalah tragedi yang menyayat hati. Saint Valentine mati matyr pada tanggal 14 Februari AD 269. Baru abad ke-14 kemudianlah hari ini dikaitkan dengan hal-hal yang romantis.

Hari ayah (Father’s day)

Yang terakhir adalah hari ayah. Menurut situs ensiklopedia wikipedia, Indonesia memperingati hari ayah pada tanggal 12 Desember yang awalnya dicetus di daerah solo. Di negara Amerika Serikat ada beberapa cerita yang terkait asal mula hari ayah ini, salah satunya adalah yang dipelopori oleh nyonya Grace Golden Clayton untuk menghormati 210 ayah yang hilang pada sebuah kecelakaan tambang. Hal yang menarik adalah adanya hari laki-laki sedunia (International man’s day) yang jatuh pada tanggal 19 November.

About wirasihombing

At present, I was a man who has graduated from my college in January 2011. Still looking for a job, trying to go abroad. In my body, flowing the Batak's blood. View all posts by wirasihombing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: