Portal Akademik USU

Tidak terasa saat saya menulis artikel ini saya sudah menyandang status alumni. Sekarang, masa-masa kuliah yang seru, penuh canda tawa, persahabatan, suka duka saat masih berstatus mahasiswa telah berlalu. Jika saya flash back sejenak kebelakang mengingat bagaimana masa-masa kuliah dulu, entah kenapa, perasaan rindu datang menghampiri.

Setiap 6 (enam) bulan sekali a.k.a semester, setiap mahasiswa harus melakukan “ritual” yang tidak mungkin dilewatkan. Pertama, membayar uang kuliah. Kedua, mengisi KRS. Semasa saya kuliah, kami sempat melaksanakan “ritual” tahunan pengisian KRS manual. Kenapa disebut manual?, ini dikarenakan banyaknya prosedur-prosedur yang harus dijalanin dan juga masih adanya kartu KRS yang diketik dengan mesin ketik.

Saya tidak begitu ingat tahapan demi tahapan yang harus dilakukan, namun setidaknya beberapa poin dibawah ini termasuk di dalamnya:

  1. Ketik daftar matakuliah yang diambil dengan mesin ketik
  2. Mengurus stempel-stempel dan juga stiker (tanda sudah melakukan pembayaran yang akan ditempel di KTM) di gedung Auditorium USU

Nah, tibalah satu babak baru. Kehadiran mantra teknologi informasi sudah menjalar ke Universitas Sumatera Utara. Alhasil, pengurusan KRS yang masih manual digeser dengan kehadiran Portal Akademik. Setiap mahasiswa akan memiliki sebuah account yang digunakan untuk mengakses Portal Akademik yang berada di URL http://portal.usu.ac.id/.

Pengetikan dengan mesin ketik diganti dengan cukup klik sini dan klik sana menggunakan mouse komputer. Finishing kemudian dilakukan oleh sebuah printer, simpel dan mudah.

Halaman Login Portal Akadamik

Halaman Login Portal Akadamik (click to enlarge)

Bermulai dari membaca postingan yang ada di halaman blog saya (blogroll RSS feed dari USU), iseng-iseng saya mencoba mengakses aplikasi mahasiswa a.k.a Portal Akademik. Saya masukkan nim dan password dan wuzzzz, ternyata saya masih bisa mengaksesnya. Hehehe, mengenang masa-masa kuliah sungguh membuat rindu.

Halaman Depan Portal Akademik

Halaman Depan Portal Akademik (click to enlarge)

Masa itu tlah lalu, tak kan terulang kembali dan hanya bisa dikenang dengan senyuman.

About wirasihombing

At present, I was a man who has graduated from my college in January 2011. Still looking for a job, trying to go abroad. In my body, flowing the Batak's blood. View all posts by wirasihombing

Leave a Reply

