Perubahan pengaturan Time Zone Indonesia

Salah satu pembahasan yang cukup menarik perhatian belakangan ini adalah tentang pengaturan zona waktu (Time Zone). Ada apa dengan time zone?. Ternyata pemerintah memiliki rencana untuk menyatukan ketiga zona waktu yang sudah diterapkan sejak Presiden Soekarno menetapkannya menjadi tiga bagian zona waktu (WIB-WITA-WIT) pasca kemerdekaan Republik Indonesia. Secara historis, pengaturan waktu di Indonesia selalu berubah-ubah, dimana sebelum tiga zona waktu ditetapkan Indonesia memiliki enam zona waktu dengan selisih 30 menit tiap zona waktu.

Greenwich Mean Time atau GMT adalah titik nol yang menjadi acuan pembagian wilayah waktu di seluruh dunia. GMT 0 berada tepat di negara Inggris. Jika dilihat dari peta wilayah di sebelah kirinya secara berurutan memiliki nilai negatif/minus (GMT -1, GMT -2, … GMT -11), sebaliknya sebelah kanan secara berurutan memiliki nilai positif/plus (GMT +1, GMT +2, … GMT + 12). Melalui acuan ini WIB berada pada zona GMT +7, WITA berada pada zona GMT +8 dan WIT berada pada zona GMT +9. Maka di Indonesia antara sabang dan merauke memiliki selisih waktu 2 jam. Namun praktisnya di antara 200 juta lebih penduduk Indonesia 90% penduduk Indonesia bekerja, kuliah, sekolah pada jam yang sama.

Secara birokrasi dan ekonomi perbedaan ini dipandang cukup menyulitkan menurut beberapa ahli dan pengamat. Ketika pekerja di Jayapura misalnya sudah aktif bekerja, mereka tidak bisa berhubungan dengan kantor pusat. Karena perbedaan waktu dua jam, ketika mereka sudah bekerja, orang yang berada di Jakarta baru akan berangkat ke kantor. Sebaliknya, ketika pegawai yang berada di Jakarta masih bekerja sedangkan pegawai di Jayapura mungkin sudah bersantai di rumahnya masing-masing.

Bagaimana dengan negara lain?. Ternyata Amerika Serikat memiliki pembagian empat zona waktu, Malaysia yang terpisahkan oleh samudera rupanya memiliki satu zona waktu, China hanya memiliki satu zona waktu.

Dengan perubahahan zona waktu di Indonesia menjadi hanya satu zona waktu yaitu WITA (GMT +8), maka Indonesia akan memiliki waktu yang sama dengan China, Malaysia, Singapura, Brunai, Philipina, Australia dan lainnya. Jam biologis pun akan perlu beradaptasi terhadap perubahan ini. Yang tadinya secara teknis berangkat jam 7 pagi (WIB), setelah peleburan zona waktu walau sama-sama jam 7 pagi (WITA), akan sama dengan jam 6 pagi (WIB) ketika sebelum peleburan.

Dikabarkan perubahan ini akan diterapkan pada tanggal 17 Agustus 2012 nantinya. Hal ini tentu sangat menarik, bagaimana kehidupan sehari-hari nantinya.

About these ads

About wirasihombing

At present, I was a man who has graduated from my college in January 2011. Still looking for a job, trying to go abroad. In my body, flowing the Batak's blood. View all posts by wirasihombing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,464 other followers

%d bloggers like this: